Humas Pemkab Malang Berpihak ke Calon Bupati Petahana Melalui Advetorial di Media Massa.

MALANG – Media massa yang menjunjung kode etik seharusnya menjaga netralitas dan kualitasnya dalam pemberitaan. Apalagi, pemberitaannya membawa agenda setting tertentu dalam politik dan Pilkada.


Contohnya, New Malang Pos menerbitkan berita yang tendensinya memihak salah satu paslon. Yaitu, menampilkan sosok paslon nomor urut 1 Sanusi namun dalam konteks Bupati Malang. Terdapat berita dan foto Sanusi bukan sebagai paslon tapi sebagai Bupati Malang berjudul ‘Peduli Pendidikan, Entaskan Kemiskinan’ di halaman 3 New Malang Pos edisi 26 November 2020.


Seharusnya plt Bupati Malang aktif Sjaichul Ghulam yang ditampilkan jika memang berita itu advertorial Humas Pemkab Malang
Kedua, New Malang Pos kembali menampilkan berita Sanusi sebagai bupati di halaman 3 edisi 27 November 2020, dan berukuran setengah halaman. Dengan judul berita ‘Raih Penghargaan Menteri Kesehatan dan Pariwisata’, sub judul ‘Wujud Kepedulian Drs HM Sanusi Terhadap Kesehatan Masyarakat dan Pariwisata’.


Dalam berita itu, terdapat logo Pemkab Malang dan HUT Pemkab Malang, dengan dua foto bergambar Sanusi.


Setelah itu, Sabtu 28 November, tampil pula berita yang serupa berukuran satu halaman di halaman 12. Berita tentang pencapaian Bupati non aktif Sanusi selama 14 bulan terakhir.


Misalnya Opini Wajar Tanpa Pengecualian BPK, tanda penghargaan individu berjasa di bidang kesehatan dari Kemenkes RI, Indonesia Sustainable Tourism Award Kemenpar, penghargaan Kementan soal tani hortikultura dan SPAM.


Divisi Hukum Gerbang Madani, Angga Racha Wijaya SH meminta Bawaslu Kabupaten Malang menyelidiki soal pemberitaan ini.
“Karena, di situ ada logo Pemkab Malang. Apakah itu memakai APBD? Apakah itu berita dari Humas Pemkab Malang? Kalau memang itu memang berita soal pemerintahan, bukankah Kabupaten Malang ada plt Bupati aktif Sjaichul Ghulam? Mengapa yang ditampilkan malah paslon yang sedang bertanding di Pilkada? Kami mendorong Bawaslu menyelidiki hal ini,” tutur Angga.

Artikel Terkait