Gus Hamim : Silakan Menang di Survei, Tapi Kalah di Coblosan.

MALANG – Dewan Syuro PKB Kabupaten Malang, KH Hamim Kholili meminta masyarakat menggunakan hati nuraninya untuk memilih pemimpin. Menurut Gus Hamim, sapaan akrabnya, masyarakat Kabupaten Malang sudah dewasa.
Sehingga, secara langsung mereka bisa menilai siapa yang pantas menjadi pemimpin Kabupaten Malang. “Pilkada adalah wujud hati nurani pemilih dalam menentukan pilihannya di bilik suara. Masyarakat Kabupaten Malang sangat dewasa dalam menentukan pilihannya untuk lima tahun ke depan,” kata Gus Hamim.
Menurutnya, pemimpin daerah memiliki beban berat membawa Kabupaten Malang. Tingkat amanahnya pun luar biasa. Karena, pemimpin daerah harus menentukan arah pembangunan daerahnya. Maju atau mundurnya suatu daerah, serta kebangkitan perekonomiann atau kehancurannya, bergantung pada kepala daerah.
“Pemimpin daerah haruslah orang yang bisa menyelesaikan keterpurukan ekonomi dan lainnya di Kabupaten Malang yang diakibatkan oleh pandemi. Jangan sampai pemimpin daerah membuat kesalahan dalam arah kebijakan,” tambah Gus Hamim.
Dia meyakini masyarakat sudah sadar akan ke mana arah kebijakan pemerintah daerah. Kebijakan itu bisa dilihat kasat mata, mana yang pro masyarakat serta bukan kepentingan penguasa dan kroninya. Penilaian masyarakat ini pula yang dibuktikan dalam Pilkada Bondowoso tahun 2018 lalu. Ada calon yang menurut lembaga survei kredibel menang 54 persen.
Sementara, lawannya disurvei hanya 31 persen. Pada akhirnya, fakta berbicara lain. “Calon yang diprediksi kalah malah menang 54.2 persen. Sedangkan yang diunggulkan lembaga survey 54 persen kalah menjadi 45.8 persen,” tandasnya.
Itulah fakta yang terjadi di Bondowoso juga banyak daerah lainnya. Karena politik itu sangat dinamis. “Pada akhirnya mayoritas masyarakat menentukan dengan hati nuraninya,” ujar Gus Hamim. Paslon dan timnya bisa melakukan segala cara untuk mendapatkan simpati masyarakat.
“Namun, pada akhirnya masyarakat akan menjadi pemenang dengan pilihan sesuai dengan hati nuraninya,” tuturnya.

Artikel Terkait