Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawangsa
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawangsa

Khofifah Minta Pelaksanaan Tes Covid Bagi Petugas Pilkada Tepat Waktu

ITULAHPOLITIK– Pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 tinggal menghitung hari berbagai persiapan pun mulai dilakukan, termasuk tes covid untuk para petugas Pemilu. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawangsa menegaskan perlunya segera diadakan koordinasi antara pemerintah, petugas Pemilu dan petugas Kesehatan.

Khofifah menyatakan pentingnya perencanaan tes covid untuk petugas Pemilu, baik Rapid maupun Swab Test. Karena seperti yang diketahui, menurut ketentuan dari Kementerian Kesehatan bahwa hasil rapid test hanya berlaku selama 14 hari.

“Koordinasi ini terkait berapa banyak tim nakes yang bisa disupport oleh bupati/wali kota. Jangan sampai pelaksanaannya terlalu mepet sehingga ketika pilkada berlangsung hasilnya belum keluar. Pemetaan oleh seluruh aparatur yang terlibat dalam proses pemungutan suara ini dilakukan agar rakyat sehat, ekonominya sehat dan pilkadanya sehat,” katanya seperti dilansir dari Bisnis.com.

Lebih lanjut mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan itu mengutarkan juga pentingnya penerapan protokol kesehatan selama Pilkada berlangsung.

“Untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19, maka harus dipastikan bahwa menjaga saat tahap kampanye sampai dengan pemungutan suara, penghitungan suara sampai proses diumumkan perolehan suara dan pengumuman pemenang,” katanya.

Artikel Terkait